MENYUSUN DIAGRAM REA

Dalam rangka menyusun diagram REA diperlukan informasi tentang: resource, event, agent dan kebijaksanaan perusahaan. Informasi tersebut dapat diperoleh dengan mewawancarai pihak manajemen. Karena aktivitas perencanaan, pengawasan, dan pengevaluasian yang ditangani manajemen untuk setiap perusahaan berbeda. Untuk menggambarkan diagram REA, kertas dibagi tiga kolom, satu kolom untuk setiap entity. Gunakan kolom kiri untuk resource (sumber daya) adalah hal-hal yang memiliki nilai eknomi bagi organisasi, kolom tengah untuk event (kegiatan) yaitu berbagai aktivitas bisnis yang informasinya ingin dikumpulkan perusahaan untuk tujuan perencanaan dan pengendalian, dan kolom kanan untuk agent (pelaku) yaitu orang-orang dan organisasi yang terlibat dalam kegiatan yang informasinya ingin didapatkan untuk tujuan perencanaan, pengendalian, dan evaluasi. Penggambaran event sebaiknya diurutkan dari atas ke bawah berdasarkan urutan aktivitas. Langkah-langkah untuk menyusun diagram REA adalah:

a.   Identifikasi pasangan kegiatan pertukaran ekonomi yang mewakili hubungan dualitas dasar memberi-untuk-menerima, dalam siklus tersebut.

b.   Identifikasi sumber daya yang dipengaruhi oleh setiap kegiatan pertukaran ekonomi dan para pelaku yang terlibat (pelaku internal dn pelaku eksternal) dalam kegiatan tersebut. Model REA mensyaratkan bahwa setiap kegiatan dihubungkan paling tidak satu ke sumber daya, dan paling tidak dua pelaku.

c.   Analisis setiap kegiatan pertukaran ekonomi untuk menetapkan apakah kegiatan tersebut harus dipecah menjadi suatu kombinasi dari satu atau lebih kegiatan komitmen dan kegiatan pertukaran ekonomi. Apabila perlu, ganti kegiatan pertukaran ekonomi aslinya dengan rangkaian kegiatan komitmen dan pertukaran ekonomi yang dihasilkan dari pemecahan kegiatan tadi. Pertukaran ekonomi adalah kegiatan rantai nilai yang secara langsun mempengaruhi jumlah sumber daya. Komitmen adalah mewakili janji untuk melakukan pertukaran ekonomi dimasa mendatang.

d.   Tetapkan kardinalitas setiap hubungan.

Kardinalitas menunjukan bagaimana perumpamaan dalam satu entitas dapat dihubungkan ke perumpamaan tertentu dalam entitas lainnya. Kardinalitas menyajikan pasangan nomer disetiap entitas. Kardinalitas terdiri dari dua jenis, yaitu:

a)   Nomer pertama adalah kardinalitas minimum, yaitu menunjukan apakah sebuah baris dalam tabel harus dihubungkan dengan paling tidak satu baris didalam tabel yang letaknya berseberangan dalam hubungan tersebut. Didalam REA kardinalitas minimum dihubungkan dalam dua simbol hubungan, yaitu:

  1. Kardinalitas Minimun Nol (0), yaitu memiliki arti bahwa sebuah baris baru dapat ditambahkan ditabel tersebut tanpa harus dihubungkan dengan baris tertentu dalam tabel yang letaknya bersebrangan dalam hubungan tersebut. Artinya informasi tentang entitas baru dapat ditambahkan ke entitas lain tanpa harus dihubungkan ke suatu kegiatan transaksi.

       2.   Kardinalitas Minimum Satu (1), yaitu memiliki arti bahwa setiap baris dalam suatu tabel harus dihubungkan ke paling tidak    satu baris dalam tabel lainnya dihubungan tersebut.

b)   Nomer kedua adalah kardinalitas maksimum, yaitu kardinalitas yang menunjukan apakah suatu baris dalam tabel dapat dihubungkan ke lebih dari satu baris dalam tabel lainnya. Aturan untuk menspesifikasi kardinalitas, kardinalitas mencerminkan fakta mengenai organisasi yang dibuat modelnya daan juga praktik bisnis organisasi tersebut. Aturan kardinalitas ada tiga jenis, yaitu:

  1. Kardinalitas Pelaku – Kegiatan

      Kardinalitas Minimum yang berhubungan dengan entitas kegiatan bernilai 1 karna harus ada beberapa pelaku yang terlibat dalam kegiatan tersebut. Dan kardinalitas maksimum yang berhubungan dengan entitas kegiatan juga bernilai 1, karna organisasi ingin ada seorang pelaku tertentu yang bertanggung jawab atas kegiatan tersebut.

Kardinalitas yang berhubungan dengan setiap entitas pelaku dalam hubungan pelaku-kegiatan seluruhnya memiliki nilai minimum 0 dan maksimum N. karna organisasi berharap pegawai mereka akan terlibat dalam berbagai kegiatan.

2.   Kardinalitas Sumber Daya – Kegiatan

Kardinalitas minimum dan maksimum yang berhubungan dengan setiap entitas sumber daya dihubungan sumber daya-kegiatan, bernilai nol (0) dan N. karna organisasi berharap sumber daya mereka akan terlibat dalam berbagai kegiatan.

Kardinalitas minimum yang berhubungan dengan entitas kegiatan dalam hubungan sumber daya-kegiatan biasanya bernilai 1. Dan tidak ada prinsip umum berkaitan dengan kardinalitas maksimum yang berhubungan dengan entitas kegiatan dalam hubungan sumber daya-kegiatan, karna kardinalitas maksimum untuk sebuah kegiatan tergantung pada sifat sumber daya yang dipengaruhi oleh kegiatan tersebut dan oleh kebijakan bisnis organisasinya.

3.   Kardinalitas Kegiatan – Kegiatan

      Prinsip umum pembuatan model yang dapat diaplikasikan dalam hubungan kegiatan-kegiatan adalah bahwa untuk dua kegiatan yang sifatnya sementara (kegiatan komitmen), kardinalitas minimum untuk kegiatan pertama adalah nol (0), karena pada saat kejadian, kegiatan lainnya belum terjadi. Kardinalitas minimum untuk kegiatan kedua adalah 1, menunjukan bahwa kegiatan pertama harus terjadi terlebih dahulu. Pada kegiatan utama (pertukaran ekonomi) kardinalitas suatu kegiatan akan dihubungkan dengan lebih dari satu kegiatan pertukaran ekonomi (M:N).

e.   Mengimplementasi diagram REA dalam database relasional

      terditi dari tiga tahap:

1. Membuat sebuah tabel untuk setiap entitas berbeda dan untuk setiap hubungan banyak-ke-banyak (M:N)

2.   Memberikan atribut ke tabel yang tepat

3.   Menggunakan kunci luar untuk mengimplementasikan hubungan satu-ke-satu (1:1) dan hubungan satu-ke-banyak (1:M)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s