ASPEK HUKUM VII

SUBJEK DAN OBJEK HUKUM
SUBJEK HUKUM

SUBJEK HUKUM

Subyek hukum adalah segala sesuatu yang memiliki hak dan kewajiban dalam lalu lintas hukum. Subjek hukum terdiri dari :

1. Negara.
Negara menjadi subjek hukum internasional karena negara mempunyai 3 (tiga) kriteria utama yaitu:
• negara mampu memegang hak dan kewajiban,
• negara mempu menjalankan hak dan kewajiban,
• negara mampu mempertahankan hak dan kewajiban.

2. Tahta Suci Vatikan
Takhta suci merupakan suatu subjek hukum yang penuh dan sejajar kedudukannya dengan negara. Hal ini terjadi terutama setelah diadakannya pejanjian antara Italia.

3. Palang Merah Internasional
Organisasi ini lahir sebagai subyek hukum internasional berdasarkan Konvensi Jenewa tahan 1949 tentang Perlindungan Korban perang dan memiliki kedudukan sebagai subyek hukum internasional dengan ruang lingkup yang sangat sangat terbatas.

4. Organisasi Lain
Organisasi Internasional yang dapat diakui sebagai subjek hukum internasional adalah organisasi yang memenuhi persyaratan:
• organisasi bersifat permanen,
• memiliki fungsi kerja yang telah ditetapkan,
• mempunyai aturan dasar,

5. Individu
Penempatan individu sebagai subjek hukum internasional dimaksudkan untuk melindungi hak-hak asasi manusia terutama hak-hak asasi kaum minoritas. Hal ini terlihat jelas dengan ditetapkannya The International Convenant on Civil and Political Rights (ICPR) dan The International on Economy, Social and Cultural Rights( ICES) pada tahun 1969.

OBJEK HUKUM

Objek hukum menurut pasal 499 KUH Perdata, yakni benda. Benda adalah segala sesuatu yang berguna bagi subjek hukum atau segala sesuatu yang menjadi pokok permasalahan dan kepentigan bagi para subjek hukum atau segala sesuatu yang dapat menjadi objek dari hak milik. Adapun jenis obyek hukum, berdasarkan pasal 503-504 KUH Perdata disebutkan bahwa benda dapat dibagi menjadi 2, yakni :

1. Benda yang bersifat kebendaan (Materiekegoderen)
Adalah suatu benda yang sifatnya dapat diraba, dilihat, dan yang dapat dirasakan melalui panca indra, benda yang dimaksud dengan benda yang bersifat kebendaan yaitu yang terdiri dari benda berubah/berwujud. Dimana yang termaksud dengan benda yang berubah dan berwujud, yakni :
a) Benda bergerak atau tidak tetap, yaitu berupa benda yang dapat dihabiskan dan benda yang tidak dihabiskan. Benda bergerak /tidak tetap ini dibedakan menjadi beberapa bagian, yaitu :
• Benda bergerak karena sifatnya, menurut pasal 509 KUH Perdata adalah benda yang dapat dipindahkan, misalnya meja, kursi, dan yang dapat berpindah sendiri. Contohnya : Hewan Ternak.
• Benda bergerak karena ketentuan undang-undang, menurut pasal 511 KUH Perdata adalah hak-hak atas benda bergerak, misalnya hak memungut hasil (Uruchtgebruik) atas benda-benda bergerak, hak pakai (Gebruik) atas benda bergerak, dan saham-saham perseroan terbatas.

b) Benda yang tidak bergerak, Benda yang tidak bergerak ini dibedakan menjadi beberapa macam, yaitu sebagai berikut :
• Benda tidak bergerak karena sifatnya, yakni tanah dan segala sesuatu yang melekat diatasnya, misalnya pohon, tumbuh-tumbuhan, area, dan patung.
• Benda tidak bergerak karena tujuannya yakni mesin alat-alat yang dipakai dalam pabrik. Mesin senebar benda bergerak, tetapi yang oleh pemakainya dihubungkan atau dikaitkan pada bergerak yang merupakan benda pokok.
• Benda tidak bergerak karena ketentuan undang-undang, ini berwujud hak-hak atas benda-benda yang tidak bergerak misalnya hak memungut hasil atas benda yang tidak dapat bergerak, hak pakai atas benda tidak bergerak dan hipotik.

Sumber :
http://odebhora.wordpress.com/2011/05/17/subjek-dan-objek-hukum/
http://civic-iiec.blogspot.com/2012/02/1920×1200-normal-0-false-false-false-en.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s