ASPEK HUKUM DALAM EKONOMI

PENGERTIAN HUKUM

Hukum adalah sekumpulan peraturan, perintah, larangan yang dibuat oleh pihak pihak tertentu yang bersifat memaksa untuk mengatur masyarakat agar tercipta ketertiban dan keteraturan. Biasanya setiap hukum pasti mempunyai sanksi sanksi tersendiri sesuai dengan hukum yang ada. Selain itu, hukum juga dapat diartikan sebagai sistem yang terpenting dalam pelaksanaan atas rangkaian kekuasaan kelembagaan.dari bentuk penyalahgunaan kekuasaan dalam bidang politik, ekonomi dan masyarakat dalam berbagai cara dan bertindak, sebagai perantara utama dalam hubungan sosial antar masyarakat terhadap kriminalisasi dalam hukum. filsuf Aristotle menyatakan bahwa “Sebuah supremasi hukum akan jauh lebih baik dari pada dibandingkan dengan peraturan tirani yang merajalela.
Berikut ini pembagian hukum menurut bidangnya dan sistem hukum.

Menurut bidang hukum:

 Hukum perdata
Hukum perdata disebut juga hukum privat atau hukum sipil yang mengatur tentang hubungan antara hak dan kepentingan antara individu dalam masyarakat.

 Hukum pidana
Hukum pidana disebut juga hukum publik yang mengatur hal hal yang berkaitan dengan negara srta kepentingan umum dan kegiatan pemerintahan sehari hari.

 Hukum acara
Hukum acara juga disebut hukum formil. Hukum acara merupakan ketentuan yang mengatur bagaimana cara dan siapa yang berwenang menegakkan hukum materiil dalam hal terjadi pelanggaran terhadap hukum materiil. Hukum acara meliputi hukum tata negara, hukum administrasi negara, hukum tata usaha negara, hukum internasional, hukum adat, hukum islam, hukum agraria, hukum bisnis, dan hukum lingkungan.

Menurut sistem hukum:

 Sistem hukum eropa continental
Hukum ini melatar belakangi sejarah bagsa indonesia yang pernah di jajah oleh Belanda.

 Sistem hukum anglo saxon
Suatu sistem hukum yang di dasarkan pada keputusan keputusan hakim tedahulu yang kemudian menjadi dasar putusan hakim selanjutnya.

 Sistem hukum adat atau kebiasaan
Merupakan aturan aturan yang ada di masyarakat setempat dan budaya budaya yang ada di nusantara.

 Sistem hukum agama
Hukum agama ini dibuat karna mayoritas penduduk Indonesia beragama islam, jadi hukumnya pun mengikuti syariat islam. Seperti dalam pernikahan/perkawinan, keluarga, dan warisan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s