RENUNGAN SINGKAT

NIKMAT-MU
Setiap manusia pasti pernah merasakan berbagai macam rasa dalam hidupnya. Rasa senang sedih kecewa bahagia sehat sakit dammasih banyak lagi. Rasa sakit pun ada bermacam macam jenisnya, mulai dari sakit hati, sakit fisik, sakit jiwa, dan lain lain. Sampai ada sebuah lirik lagu yang bilang “ lebih baik sakit gigi dari pada sakit hati ”. buat saya, sakit apapun gak enak rasanya.
Rasa sakit yang dialami setiap orang merupakan salah satu nikmat yang diberikan Allah kepada umatnya. Karna dengan rasa sakit itulah orang yang mengalaminya akan lebih mensyukuri nikmat sehat yang selama ini ia dapatkan, dan rasa sakit juga dapat mengingatkan manusia untuk beristirahat dari segala aktivitas padat yang selama ini dia jalankan. Ada yang bilang juga, jika kita ikhlas menerima rasa sakit yang kita rasakan, insyaallah dapat menghapuskan dosa doasa yang kita lakukan.
Saat manusia diberikan nikmat sehat, terkadang manusia suka lupa untuk bersyukur atas nikmat sehat yang telah diberikan. Misalnya saja, memakan segala macam makanan atau minuman tanpa di kontrol, terlalu memforsir tubuh yang berakibat kurang istirahat, kurang berolahraga, dan lain lain. Setelah merasakan sakit, barulah mereka sadar apa yang sudah mereka lakukan selama ini. Terkadang tak jarang juga, orang sakit tapi tetap memaksakan diri untuk melakukan pekerjaan mereka tanpa mempedulikan kondisi badannya. Itulah sifat manusia.
Ada sebuah kalimat yang mengatakan bahwa “ sehat itu mahal harganya “. Jika dihitung secara ekonomis, seluruh organ yang berada di dalam maupun di luar tubuh manusia, jika di hitung hitung harganya bisa sampai jutaan, bahkan jika ditotal bisa ratusan atau sampai milyaran rupiah. Saat seseorang merasakan sakit di salah satu organnya, seseorang harus mengeluarkan harga yang “lumayan” bahkan bisa di katakan “mahal” untuk mendapatkan kesembuhan dan kelancaran kerja organ tersebut. Contoh, buang angin atau yang biasa di bilang kentut merupakan hal yang dianggap sepele untuk orang yang sehat, tetapi akan mahal harganya untuk orang yang tidak bisa buang angin. Bahkan ia harus melakukan operasi dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk bisa kentut saja. Sepele memang, tapi kentut merupakan salah satu nikmat sehat yang diberikan untuk kita.
Kesimpulannya:
Bersyukurlah atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah untuk kita selama ini. Jagalah kesehatan kita, karna sehat itu mahal harganya. Mulailah dengan gaya hidup sehat. Atur pola makan, perbanyak minum air putih, olahraga, dan istirahat yang cukup. Hindari gaya hidup yang berlebihan, merokok, minum minuman yang mengandunga alkohol, soda, kurangi sedikit demi sedikit makanan yang kurang sehat seperti makanan instan, siap saji, yang berpengawet. Mulialah dari diri sendiri, pasti dengan sendirinya orang orang yang berada di sekitar kita juga akan melakukan hal yang sama.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s