koperasi indonesia kurang maju

MENGAPA KOPERASI SAMPAI SAAT INI KURANG BERKEMBANG???
Banyak faktor yang membuat koperasi di Indonesia tidak berkembang bahkan bisa di bilang tidak bisa maju. Sebenarnya koperasi di Indonesia sudah sangat berkembang dan maju. Bahkan koperasi menjadi salah satu faktor kemajuan perekonomian di Indonesia sejak zaman bung hatta mendirikannya sampai saat ini.
Beberapa faktor yang membuat koperasi kurang berkembang di Indonesia adalah:
1. Perkembangan koperasi di Indonesia yang dimulai dari atas (bottom up )tetapi dari atas (top down),artinya koperasi berkembang di indonesia bukan dari kesadaran masyarakat, tetapi muncul dari dukungan pemerintah yang disosialisasikan ke bawah.
2. Tingkat partisipasi anggota koperasi masih rendah, ini disebabkan sosialisasi yang belum optimal.
3. Manajemen koperasi yang belum profesional, ini banyak terjadi di koperasi koperasi yang anggota dan pengurusnya memiliki tingkat pendidikan yang rendah..
4. Pemerintah terlalu memanjakan koperasi, ini juga menjadi alasan kuat mengapa koperasi Indonesia tidak maju maju. Koperasi banyak dibantu pemerintah lewat dana dana segar tanpa ada pengawasan terhadap bantuan tersebut. Sifat bantuanya pun tidak wajib dikembalikan.

Dari beberapa faktor di atas, kita sudah dapat mengetahui dengan jelas apa penyebabnya. Misalnya dari faktor yang pertama. Pemerintah sudah berusaha membantu mengatasi perekonomian rakyat, dengan cara mendukung dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Tapi praktek di lapangan berbeda dengan teorinya. Sosialisasi yang diberikan pemerintah kepada masyarakat tidak merata, hanya sebagian kecil saja yang di berikan sosialisasi. Belum lagi dengan alasan keterbatasan waktu dan tempat, petugas sosialisasi yang terbatas menjadikan sosialisasi yang seharusnya dapat memberikan informasi jelas kepada masyarakat tapi malah sosialisasi seperlunya saja.

Dari faktor yang kedua, tingkat partisipasi anggota koperasi yang masih rendah yang disebabkan sosialisasi belum optimal. Di kasus ini, selain karna keterbatasan sosialisasi karna sdm yang mengerti tentang koperasi terbatas, masyarakat tidak mempunyai media untuk bertanya. Masalah ini menjadi latarbelakang faktor ke tiga muncul.

Sementara pada faktok keempat, dukungan yang diberikan oleh pemerintah sebenarnya sudah bagus, hanya saja pemerintah melakukan kesalahan dengan cara memanjakan koperasi. Sistem yang digunakan pemerintah awalnya benar, yaitu memberikan dana bantuan agar koperasi dapat dikembangkan. Tapi kurangnya pengawasan dana tersebut, mengakibatkan penyalah gunaan terhadap dana tersebut.
Itulah beberapa faktor penyebab koperasi kurang berkembang di Indonesia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s