EKONOMI KOPERASI

SEPINTAS TENTANG KOPERASI

Apa si koperasi itu? Untuk apa koperasi didirikan? Bermanfaat gak si koperasi itu??? Dan masih banyak lagi pertanyaan yang ada di kepala saya sekarang ini untuk memulai tulisan ini…

Pada umumnya koperasi dapat di artikan suatu organisasi yang dioperasikan oleh orang seorangan yang beranggotakan perorangan yang berdasarkan pancasila dan berazaskan kekeluargaan. Atau dapat disebut juga sebagai tempat berkumpulnya suatu modal usaha kecil dan menengah yang diperuntukan untuk kesejahteraan anggotanya.

Dari pengertian tadi, saya bisa mengartikan kalo koperasi itu suatu organisasi yang salah satu tujuannya untuk membantu masyarakat kecil dalam mengatasi perekonomiannya. Orang-orang dengan kehidupan yang sederhana dengan keterbatasan ekomoni melatarbelakangi terbentuknya koperasi yang berazaskan kekeluargaan untuk membantu menyelesaikan masalah yang ada. Selain itu, karna keinginan untuk melepaskan diri dari jeratan lintah darat atau bahasa kerennya depkolektor yang memberikan pinjaman dengan mudah, tetapi dengan bunga yang sangat tinggi juga menjadi salah satu alasan di bentuknya koperasi.

Koperasi sendiri sudah diatur dalam undang-undang seperti UU no.25 tahun 1992. Di dalam undang undang ini terdapat ketentuen umum koperasi, landasan, azas, tujuan, fungsi, prinsip koperasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.. silakan masuk ke link berikut ini untuk pembahasan lebih jelasnya tentang UU no.25 thn 1992 (http://www.smecda.com/Files/infosmecda/uu_permen/UU25.htm)

Koperasi tumbuh dari kalangan rakyat, baik sebagai gerakan ekonomi rakyat maupun sebagai badan usaha berperan serta untuk mewujudkan masyarakat yang maju, adil dan makmur berlandaskan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 dalam tata perekonomian nasional yang disusun sebagai usaha bersama berdasar atas asas kekeluargaan dan demokrasi ekonomi. Maksudnya masalah perekonomian bukan hanya masalah pemerintah saja, tapi masalah kita semua yang harus di atasi bersama tanpa memandang status sosial, latar belakangnya,dll. Dengan tujuan memajukan perekonomian rakyat yang adil, dan secara tidak langsung dapat memakmurkan perekonomian para anggotanya. Jika perekonomiannya sudah maju, maka dapat memperkecil kesenjangan sosial, kecemburuan sosial, dan masalah masalah sosial lainnya.

Saat ini koperasi sudah banyak tersebar, tidak hanya di pedesaan saja di perkotaan juga dapat di temui koperasi. Yang paling mudah, koperasi dapat ditemukan di sekolah sekolah. Koperasi di sekolah sengaja diadakan yang bertujuan untuk melatih siswanya dalam menjalankan koperasi, melatih dirinya untuk lebih peduli terhadap sesama, dan menanamkan butir butir pancasila sejak dini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s