DASAR PEMASARAN “PENGELOMPOKAN PRODUK”

Saat ini saya akan menjelaskan tentang pengklasifikasian produk yang dilakukan oleh produsen. Produsen melakukan klasifikasi bertujuan untuk memperoleh kelompok produk yang berperilaku seragam. Klasifikasi yang paling umum dilakukan adalah membedakan berdasarkan siapa konsumennya dan untuk apa produk tersebut di konsumsi.
Saat ini saya akan beberapa barang-barang yang ada di rumah berdasarkan:
1. Pengelompokan produk, seperti:
a. Merek
b. Jenis
c. Produsen
d. Kegunaan
e. Penempatan
2. Merk
a. Individual
b. Family
c. Lini
d. Generik
3. Merk
a. Internasional
b. Local
c. Terkendali
d. Generik
4. Produc life cycle
a. Perkenalan (promosi)
b. Pertumbuhan (distribusi)
c. Pendewasaan (harga)
d. Kemunduran (produc)
5. Brands
a. Development (pengembangan merek produk)
b. Lemparcment (penguatan merek)
c. Repositioning (penempatan merek baru)
d. Modifikation (modifikasi merek)
Barang-barang atau produk yang akan saya kelompokan adalah jenis barang-barang yang ada di kamar mandi berupa pasta gigi, sabun mandi, shampoo, sikat gigi. Dan barang-barang di dapur berupa saus, kecap, bumbu penyedap makanan, minyak goring, dll.

 Barang-barang di kamar mandi
A. Sabun
1. Pengelompokan produk
a. Merek : lux
b. Jenis : sabun mandi
c. Produsen : PT. Unilever Indonesia Tbk
d. Penempatan : kamar mandi
e. Kegunaan : untuk membersihkan tubuh dari debu, keringat, kotoran, dll dan juga untuk meremajakan kulit.
2. Merk
Unilever mengambil merek LUX sebagai merek individual untuk kategori sabun mandi
3. Merk
LUX adalah merek sabun internasional yang di keluarkan oleh Unilever
4. Produk life cycle
a. Perkenalan(promosi)
Lux melakukan promosi pada media elektronik berupa iklan yang terkesan mewah, dan media cetak berupa iklan di koran, majalah, poster, dll
b. Pertumbuhan(distribusi)
Pertumbuhan lux di masyarakat sangat di respon baik. Hal ini dapat di lihat dari proses pendistribusian sabun lux ke seluruh kalangan. Tidak hanya di mol-mol, mini market, tapi sabun lux juga dapat di temukan di warung-warung kecil di pinggir jalan
c. Pendewasaan (harga)
Harga yang di keluarkan oleh produsen sangat terjangkau oleh masyarakat.
d. Kemunduran
Sampai saat ini lux belum mengalami kemunduran, lux tetap stabil
B. Pasta gigi
1. Pengelompokan produk
a. Merek : pepsodent
b. Jenis : pasta gigi
c. Produk : PT. Unilever Indonesia Tbk
d. Penempatan : kamar mandi
e. Kegunaan : untuk membersihkan gigi dari sisa makanan, kuman, dan membuat harum mulut
2. Merk
Unilever mengambil merek pepsodent sebagai merek individual untuk kategori pasta gigi.
3. Merk
pepsodent adalah merek pasta gigi internasional yang di keluarkan oleh Unilever
4. Produk life cycle
a. Perkenalan(promosi)
Pada tahap ini, pepsodent melakukan promosi di media elektronik yang berupa iklan dan media cetak yang berupa iklan di Koran, majalah, spanduk.
b. Pertumbuhan(distribusi)
Pertumbuhan peprodent di masyarakat terus mengalami peningkatan. Meski sekarang telah banyak beredar pasta gigi lain, tapi pepsodent tetap stabil. Pendistribusian pepsodent juga sangat meluas.
c. Pendewasaan (harga)
Harga yang di keluarkan oleh produsen sangat terjangkau oleh masyarakat.
d. Kemunduran
Sampai saat ini pepsodent belum mengalami kemunduran yang sangat berarti. Untuk mencegah itu semua, pepsodent telah mengeluarkan berbagai variasi ukuran maupun rasa.
C. Shampo
1. Pengelompokan produk
a. Merek : clear
b. Jenis : shampo
c. Produk : PT. Unilever Indonesia Tbk
d. Penempatan : kamar mandi
e. Kegunaan : untuk membersihkan rambut dan kulit kepala
2. Merk
Unilever mengambil merek clear sebagai merek individual untuk kategori shampo.
3. Merk
Clear adalah merek shampo internasional yang di keluarkan oleh Unilever
4. Produk life cycle
a. Perkenalan(promosi)
Pada tahap ini, clear melakukan promosi di media elektronik yang berupa iklan dan media cetak yang berupa iklan di Koran, majalah, spanduk.
b. Pertumbuhan(distribusi)
Pertumbuhan clear di masyarakat terus mengalami peningkatan pada awalnya, tapi sekarang sudah mulai mengalami penurunan. Pendistribusian clear juga sudah meluas.
c. Pendewasaan (harga)
Harga yang di keluarkan oleh produsen sangat terjangkau oleh masyarakat.
d. Kemunduran
Saat ini clear mengalami kemunduran permintaan. Karna sekarang sudah sangat banyak jenis shampo yang beredar di masyarakat. Unilever juga sudah mengeluarkan produk lain, seperti sunslik.
 Barang-barang di dapur
A. Minyak goreng
1. Pengelompokan produk
a. Merek : sania
b. Jenis : minyak goreng
c. Produk : PT. Multimas Nabati Asahan
d. Penempatan : dapur
e. Kegunaan : untuk memasak
2. Merk
Sania termasuk dalam merek local.
3. Merk
Sania adalah merek local yang di keluarkan oleh PT. Multimas Nabati Asahan.
4. Produk life cycle
a. Perkenalan(promosi)
Sama seperti produk-produk yang lain, sania juga mempromosikan produknya melalui media cetak dan media elektronik.
e. Pertumbuhan(distribusi)
Pertumbuhannya tidak terlalu bagus, dan pendistribusiannya masih terbatas.
f. Pendewasaan (harga)
Harga yang di keluarkan oleh produsen sangat terjangkau oleh masyarakat.
g. Kemunduran
Berkat harga dan permintaan yang stabil, produk sania ini tidak terlalu banyak mengalami kenaikan atau kemunduran.
B. Kecap
1. Pengelompokan produk
a. Merek : bango
b. Jenis : kecap manis
c. Produk : PT. Unilever Indonesia Tbk
d. Penempatan : dapur dan meja makan
e. Kegunaan : penambah rasa manis pada makanan
2. Merk
Kecap bermerek bango adalah salah satu merek kecap yang di keluarkan oleh unilever.
3. Merk
Kecap bango merupakan merek kecap yang di pakai tidak hanya di Indonesia tapi di mancanegara juga. Jadi kecap bango termasuk dalam merek internasional.
4. Produk life cycle
a. Perkenalan(promosi)
Sama seperti produk-produk yang lain, bango juga mempromosikan produknya melalui media cetak dan media elektronik.

b. Pertumbuhan(distribusi)
Pertumbuhan kecap bango di masyarakat sangat bagus. Dan pendisrtibusian kecap bango pun sudah sangat luas.
c. Pendewasaan (harga)
Harga yang di keluarkan oleh produsen sangat terjangkau oleh masyarakat.
d. Kemunduran
Kecap bango tetap stabil dalam pemasarannya maupun harganya. Untuk itu kecap bango memberikan variasi kemasan, mulai dari yang sacet sampai yang botol besar.
C. Saus
1. Pengelompokan produk
a. Merek : ABC
b. Jenis : saus sambal
c. Produk : PT. Unilever Indonesia Tbk
d. Penempatan : dapur dan meja makan
e. Kegunaan : penambah rasa pedas pada makanan
2. Merk
Saus abc adalah salah satu merek saus yang di keluarkan oleh unilever.
3. Merk
Saus abc merupakan merek saus yang di pakai tidak hanya di Indonesia tapi di mancanegara juga. Jadi kecap bango termasuk dalam merek internasional.
4. Produk life cycle
a. Perkenalan(promosi)
Sama seperti produk-produk yang lain, bango juga mempromosikan produknya melalui media cetak dan media elektronik.
b. Pertumbuhan(distribusi)
Pertumbuhan saus abc di masyarakat sangat bagus. Dan pendisrtibusian saus abc pun sudah sangat luas.
c. Pendewasaan (harga)
Harga yang di keluarkan oleh produsen sangat terjangkau oleh masyarakat.

d. Kemunduran
Saus abc tetap stabil dalam pemasarannya maupun harganya. Untuk itu saus abc memberikan variasi kemasan, mulai dari yang sacet sampai yang botol besar. Dan juga jenisnya, ada saus sambal, saus sambal ekstra pedas, saus sambal ayam goring, dll.
D. Masako
1. Pengelompokan produk
a. Merek : masako
b. Jenis : penyedap rasa
c. Produk : PT. Ajinomoto Indonesia
d. Penempatan : dapur
e. Kegunaan : penambah rasa ayam dan sapi
2. Merk
Masako adalah merek produk penyedap rasa makanan yang dikeluarkan oleh PT. AJINOMOTO.
3. Merk
Masako termasuk merek internasional
4. Produk life cycle
e. Perkenalan(promosi)
Sama seperti produk-produk yang lain, bango juga mempromosikan produknya melalui media cetak dan media elektronik.
f. Pertumbuhan(distribusi)
Pertumbuhannya di masyarakat sangat bagus, karna pada umumnya setiap makanan memerlukan penyedap rasa tambahan.
g. Pendewasaan (harga)
Harga yang di keluarkan oleh produsen sangat terjangkau oleh masyarakat.
h. Kemunduran
Masako sempat mengalami kemunduran, bahkan sampai tidak beredar untuk sementara waktu. Tapi sakarang masako sudah beredar lagi di masyarakat dan tetap menjadi produk andalan masyarakat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s