company today

COMPANY TODAY

PERSAINGAN MAKIN TAJAM

produsen memerlukan strategi dengan tujuan mencapai keunggulan bersaing dan memerlukan informasi tentang faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam melakukan pembelian suatu produk. Pengetahuan tentang produk, harga, promosi dan distribusi merupakan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi dan mendorong seorang konsumen untuk membeli barang yang ditawarkan. Kebutuhan pengetahuan terhadap faktor-faktor  bauran pemasaran juga semakin diakui oleh para pengusaha dalam menentukan keputusan beli suatu merk.

Pada kali ini saya akan membahas tentang persaingan kartu prabayar yang ada di Indonesia. Di pembahasan ini saya lebih menitikberatkan terhadap persaingan produk IM3, milik PT.Indosat.  Di Indonesia persaingan tarif promosi semakin meningkat. Seperti, Telkomsel menawarkan tarif Rp 0,5,- per detik melalui penawaran Simpati PeDe, XL menawarkan tarif Rp 1 per detik. Sementara Esia menawarkan tarif Rp 50,- per menit atau sekitar Rp 0,83,- per detik. Bahkan operator Smart lebih berani lagi menawarkan promosi gratis. Sedangkan PT Indosat Tbk menitikberatkan pada harga atau tarif. Cara lain yang dilakukan oleh PT Indosat Tbk adalah dengan mengemas komunikasi semenarik mungkin. Misalnya program Mentari bicara Rp 5.000,- memperoleh bonus Rp 5.000,- dipromosikan dengan komunikasi Rp 0/detik. Mentari juga melakukan program murah berupa “Mentari hebat”. Dalam program ini pelanggan dapat mendaftarkan lima orang teman-teman yang biasa ditelepon untuk memperoleh tarif weekend sebesar Rp 50/30 detik. Untuk produk Matrix, Indosat mempunyai program Matrix Strong. Lain lagi dengan IM3, sebagai produk yang membidik pasar remaja, IM3 difokuskan pada tarif SMS murah.

Di antara kartu pra bayar produk Indosat seperti Mentari, Matrix, Star One, dan IM3 untuk produk IM3 dalam perkembangannya paling rendah dibandingkan produk lainnya. Penjualan kartu pra bayar IM3 dalam satu semester ada penurunan dari 6% menjadi 3%, untuk produk yang lain yaitu Mentari, Matrix, dan Star One kenaikan penjualan sebesar 8%-10%. Penurunan penjualan kartu pra bayar IM3 sebesar 3% menunjukkan konsumen IM3 yang dikhususkan untuk remaja kurang loyal terhadap perusahaan. Ketidakloyalan konsumen pada kartu IM3 membuat Indosat sebagai perusahaan penghasil produk mengalami penurunan laba. Penurunan laba yang tidak sesuai dengan target membuat perusahaan rugi dan kerugian yang terjadi tidak diinginkan oleh perusahaan. Oleh sebab itu, untuk meningkatkan penjualan kartu pra bayar IM3 dengan targetnya para remaja difokuskan pada tarif SMS murah, strategi tarif murah kirim 10 SMS bonus 10 SMS dan voucher khusus SMS senilai Rp 8.000,- dengan promosi ikon IM3 “Rajanya SMS”, dengan harapan ada peningkatan dalam penjualan.

Perusahaan secara konsisten tetap menjaga dan meningkatkan kualitas produk masing-masing yang terfokus pada loyalitas konsumen. Perusahaan berusaha memenuhi harapan konsumen terhadap merek tersebut dari segi kualitas, harga maupun ketersediaan. Commitment share ini dapat dilihat dari future intention konsumen terhadap merek yang digunakan. Keinginan untuk menggunakan lagi

merek yang terakhir kali digunakan di masa yang akan datang bisa menjadi indikasi keberhasilan merek tersebut dalam meraih pangsa pasar di masa mendatang (Griffin dalam Musanto, 2004)

Loyalitas dapat dicapai melalui dua tahap: (1) perusahaan harus mempunyai kemampuan dalam memberikan kepuasan kepada konsumennya agar konsumen mendapatkan suatu pengalaman positif, berarti pembelian ulang diprioritaskan pada penjualan sebelumnya. (2) perusahaan harus mempunyai cara untuk mempertahankan hubungan yang lebih jauh dengan konsumennya dengan menggunakan strategi Forced Loyalty (kesetiaan yang dipaksa) supaya konsumen mau melakukan pembelian ulang Kotler.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s