MATERI SOAL-SOAL UTS

1.      Apa yang dimaksud dengan fungsi pemasaran universal? Jelaskan dengan memberikan contoh nyata kegiatan pemasaran suatu produk atau jasa tertentu!

Jawab :

Fungsi pemasaran yang universal disini maksudnya adalah mencangkup seluruh kegiatan-kegiatan pembelian, penjualan, pengiriman, penyimpanan, standarisasi, dan klasifikasi, pembungkusan, penanggungan resiko, pendanaan, dan pengendalian informasi pemasaran (misalnya periklanan). Artinya, setiap pemasar akan membutuhkan semua atau seluruh kegiatan-kegiatan tersebut. Contoh nyatanya dalam bidang periklanan, fungsi periklanan dikerjakan oleh biro iklan, karna tidak semua sistem pemasaran dapat dikerjakan atau di lakukan sendiri oleh individu melainkan butuh bantuan dari pihah luar untuk melakukan proses pemasaran produk tersebut.

2.      Apa yang dimaksud dengan pola pengaruh sistem lingkungan pemasaran, jelaskan dengan memberikan contoh pengaruh perubahan salah satu faktor lingkungan pemasaran terhadap kegiatan pemasaran suatu produk atau jasa!

Jawab :

Pola pengaruh sistem lingkungan pemasaran dapat di ketahui dari hubungan interaksi antara lingkungan internal dan lingkungan eksternal pemasaran yang mempunyai keterkaitan terhadap tujuan maupun strategi pemasaran. Hal ini dapat di lihat dari peluang pemasaran yang perlu di manfaatkan dan hambatan pemasaran yang perlu di atasi. Kekuatan organisasi perlu di pergunakan untuk memnfaatkan peluang atau mengatasi hambatan lingkungan tersebut. Contohnya,produsen memerlukan analisa terhadap lingkungan eksternal. Karna lingkungan eksternal dapat menjelaskan adanya peluang dan ancaman bagi organisasi perusahaan. Selain itu, produsen juga membutuhkan analisa terhadap lingkungan internal agar dapat memperhatikan kekuatan dan kelemahan organisasi. Semua itu dilakukan agar produsen tersebut dapat memperoleh keuntungan yang lebih besar dan dapat meminimalisir kerugian yang akan terjadi dari persaingan, dan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan organisasi.

 

3.      Apa yang dimaksud dengan pasar dan parilaku pasar konsumen. Jelaskan dengan memberikan contoh kegiatan pemasaran produk atau jasa yang nyata!

Jawab:

Pengertian pasar secara umum dan sering di kenal adalah tempat pertemuan pembeli dan penjual. Sementara pengertian pasar menurut pemasaran adalah kelompok individual (perorangan maupun organisasi) yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasikan pembelian tersebut. Pengertian perilaku pasar konsumen adalah pola kebiasaan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan serta kegiatan fisik individual membeli dan mengkonsumsi barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun keluarga. Contohnya, seorang konsumen membutuhkan jasa servis ac. Untuk itu dia memutuskan untuk mendatangi beberapa tempat jasa yang menyediakan jasa perbaikan ac. Stelah melalui beberapa pertimbangan, akhirnya sampailah dengan kata sepakat dengan penyedia jasa service tersebut. Kebutuhan ac inilah dapat dikatakan dengan perilaku pasar konsumen, karna kebutuhan ac ini akan di konsumsi sendiri dan juga di konsumsi oleh keluarganya.

4.      Apakah yang dimaksud dengan profesi pengambilan keputusan pembelian, jelaskan proses pengambilan keputusan suatu produk atau jasa!

Jawab:

Proses pengambilan keputusan (untuk membeli atau tidak membeli) oleh decider meliputi kegiatan: perumusan masalah, pengumpulan informasi, pengembangan dan penilaian alternative, penentuan alternative terbaik atau pengambilan keputusan, dan kegiatan setelah keputusan di ambil.

5.      Apakah pengaruh perubahan salah satu faktor lingkungan terhadap kegiatan pemasaran suatu produk atau jasa tertentu, jelaskan yang menunjukan pengaruh kegiatan pemasaran tersebut!

Jawab:

Pengambilan keputusan untuk membeli atau tidak membeli seseorang di pengaruhi oleh faktor personal dan sosialnya. Faktor personal meliputi motivasi, persepsi, pemahaman, kepercayaan, sikap, dan keprbadian seseorang. Faktor sosial meliputi aspek kultur, subkultur, klas sisal, kelompok referensi, keluarga, serta peran dan status seorang dalam kehidupan.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s