klasifikasi sampah

BAB 1

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

 

Sampah merupakan masalah yang dihadapi hampir seluruh Negara di dunia.

Tidak hanya di Negara-negara berkembang, tetapi juga di Negara-negara maju, sampah selalu menjadi masalah. Rata-rata setiap harinya kota-kota besar di Indonesia menghasilkan puluhan ton sampah. Sampah-sampah itu diangkut oleh truk-truk khusus dan dibuang atau ditumpuk begitu saja di tempat yang sudah disediakan tanpa diapa-apakan lagi. Dari hari ke hari sampah itu terus menumpuk dan terjadilah bukit sampah seperti yang sering kita lihat.

Sampah yang menumpuk itu, sudah tentu akan mengganggu penduduk di sekitarnya. Selain baunya yang tidak sedap, sampah sering dihinggapi lalat. Dan juga dapat mendatangkan wabah penyakit. Walaupun terbukti sampah itu dapat merugikan, tetapi ada sisi manfaatnya. Hal ini karena selain dapat mendatangkan bencana bagi masyarakat, sampah juga dapat diubah menjadi barang yang bermanfaat. Kemanfaatan sampah ini tidak terlepas dari penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam menanganinya.

1.2 TUJUAN

  • Untuk mengetahui jenis-jenis sampah
  • Untuk menambah wawasan dan pengetahuan tentang sampah
  • Untuk mengetahui cara mengolah sampah
  • Mencoba menganalisis dan memecahkan masalah tentang sampah

BAB II

ISI

2.1 LEMBAR OBSERVASI

Dari hasil pengamatan yang kami lakukan maka diperoleh hasil sebagai berikut :

 

Lembar Observasi
Lokasi                           :    TPA Bojong Gede

Tanggal observasi        :     Rabu, 04 Nopember 2009

Observator                   :     tri cahya ayu marta

 

 

 

 

 

No Unsur yang diamati Keadaan Lingkungan
Baik Kurang Baik Tidak Baik Keterangan
1 Sampah organik     ü  
2 Sampah anorganik     ü  
3 Sampah rumah tangga     ü  

 

 

Catatan :

Dari hasil observasi diatas, ternyata masalah sampah masih saja belum bisa diatasi. Kesadaran manusia masih sangat minim terhadap lingkungan. Misalnya saja dengan membuang sampah pada sembarang tempat / tidak pada tempatnya.

Sampah dibagi menjadi 2 yaitu : sampah organik dan sampah anorganik. Sampah organik yaitu sampah yang dapat terurai dalam kurun waktu yang singkat dengan dibantu mikroorganisme. Sedangkan sampah anorganik yaitu sampah yang sulit untuk terurai, kecuali dengan proses daur ulang.

Sampah yang ada saat ini masih dalam keadaan yang sukar untuk di daur ulang. Kebanyakan dari sampah yang ada adalah jenis sampah anorganik (plastik, botol dan kaleng).

2.2 LEMBAR KLASIFIKASI

Lembar Klasifikasi
No Macam Sampah Kategori
Oranik Nonorganik Keterangan
1 Botol plastik   ü Sulit terurai
2 Rumput ü   Mudah terurai
3 Plastik   ü Sulit terurai
4 Sterofom   ü Sulit terurai
5 Kain   ü Sulit terurai
6 Keranjang bambu ü   Mudah terurai
7 Kotoran kambing ü   Mudah terurai
8 Kertas ü   Mudah terurai
9 Kayu ü   Mudah terurai
10 Karung   ü Sulit terurai
11 Kasur bekas   ü Sulit terurai

Catatan :

Dari hasil penelitian, kami menemukan sebuah fakta bahwa di TPA Bojong Gede sampah yang terdapat disana kebanyakan adalah sampah jenis anorganik.

Dalam 1 hari sampah yang masuk ke TPA kurang lebih 15 truk. Tapi jumlah sampah yang di daur ulang kurang lebih 3 truk/hari. Di TPA ini sampah yang di daur ulang hanya sampah organik saja. Setiap 1 kali penggilingan membutuhkan waktu 2-3 jam. Hasil dari penggilingan sampah organik yaitu berupa pupuk kompos. Pupuk yang sudah jadi dikirim ke dinas kemudian dinas yang akan memasarkan pupuk tersebut.

Sedangkan sampah anorganik seperti plastik dan botol-botol air mineral disortir lalu dikirim ke dinas, yang kemudian oleh dinas dikirim kembali ke pabrik-pabrik pendaur ulang dan di pabrik kemudian diolah kembali menjadi produk siap pakai.

Meski telah di daur ulang, sampah-sampah yang ada di TPA Bojong Gede tetap saja menggunung. Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat harus sadar dengan kebersihan lingkungan.

2.3 PEMECAHAN MASALAH LINGKUNGAN

 

Pemecahan Masalah Lingkungan
Di zaman yang modern ini, ternyata masih ada masalah yang belum terealisasi yaitu sampah. Untuk itu kita sebagai manusia sangat dibutuhkan untuk memecahkan masalah tersebut. Kita sebagai manusia modern dituntut untuk lebih kreatif dalam menangani sampah.

Belum lama ini pemerintah mencanangkan program untuk menangani sampah yaitu bank sampah. Program ini sudah berjalan belum lama ini di beberapa daerah, program ini sangat menguntungkan bagi orang-orang yang  membutuhkan lapangan pekerjaan bahkan untuk ibu-ibu rumah tangga. Sistemnya adalah kita cukup menyetor sampah-sampah plastik, kemudian di timbang dan akan ditukar dengan uang.

BAB III

PENUTUP

 

 

3.1 KESIMPULAN

Dari hasil observasi yang kami lakukan di TPA BOJONG GEDE, bahwa sampah yang ada di TPA tersebut terdiri dari dua jenis sampah, yaitu sampah organik dan sampah anorganik.

Macam-macam sampah organik :

  • Dedaunan
  • Kayu
  • Kertas
  • Kotoran hewan
  • Dsb

Macam-macam sampah anorganik :

  • Plastic
  • Botol plastik, kaca, seng
  • Dsb

Sampah juga memiliki manfaat contohnya, sampah organic yang sudah di daur ulang bias dijadikan sebagai pupuk, sedangkan sampah anorganik seperti kantong plastic dan botol-botol plastic atau seng, bisa dijadikan sebagai hiasan pot bung dan sebagainya. Selain itu, sampah bias dijadikan sebagai pembangkit tenaga listrik denga bantuan iptek.

Sampah juga bias mendatangkan rezeki untuk orang-orang yang kreatif, orang-orang yang bias mendaur ulang sampah menjadi hasil karya seni atau benda pakai.sampah juga bias mendatangkan lapangan pekerjaan bagi para pengais sampah.

Sampah selain bermanfaat, ternyata juga merugikan. Karna sampah mengandung banyak sekali penyakit.

Untuk itu, kita sebagai manusia harus bias mengetahui sampah yang bermanfaat dan yang tidak bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s