PROSES PENELITIAN PRODUK

Pada tulisan ini, saya akan berusaha untuk menjelaskan atau menjabarkan tentang “proses penelitian produk”. Sebelum saya menjelaskan tentang  proses penelitian produk yang  terdiri dari: menganalisa keinginan dan kebutuhan, menilai beberapa sumber, menetapkan tujuan pembelian, mengidentifikasi alternative pembelian, mengambil keputusan untuk membeli, perilaku sesudah membeli

Saya akan menjabarkan tentang proses pembelian suatu produk yang di lakukn oleh konsumen. Selama ini konsumen membeli suatu barang atau jasa bukan tanpa proses, melainkan  konsumen memerlukan sejumlah kumpulan keputusan untuk proses pengambilan keputusan untuk membeli barang atau jasa yang dibutuhkannya. Proses pembelian suatu produk tersebut dapat di lihat dari beberapa komponen berikut ini:

1.      Keputusan tentang jenis produk

Konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli sebuah barang (misalnya sepeda motor) atau menggunakan uangnya untuk tujuan lain. Dalam hal ini perusahaan harus memusatkan perhatiannya kepada orang-orang yang berminat membeli motor serta alternatif lain yang mereka pertimbangkan.

2.      Keputusan tentang bentuk produk
Konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli bentuk motor tertentu. Keputusan tersebut menyangkut pula kecepetan motor tersebut, bentuk fisik, corak dan sebagainya. Dalam hal ini perusahaan harus melakukan riset pemasaran untuk mengetahui kesukaan konsumen tentang produk bersangkutan agar dapat memaksimalkan daya tarik mereknya.

3.      Keputusan tentang merk
Konsumen harus mengambil keputusan tentang merk mana yang akan dibeli. Setiap merk memiliki perbedaan-perbedaan tersendiri. Dalam hal ini perusahaan harus mengetahui bagaimana konsumen memilih sebuah merk.

4.      Keputusan tentang penjualnya
Konsumen harus mengambil keputusan di mana motor tersebut akan dibeli, apakah pada dealer motor, stand-stand motor yang terdapat di mol-mol besar, atau tempat lain. Dalam hal ini, produsen, pedagang besar, dan pengecer harus mengetahui bagaimana konsumen memilih penjual tertentu.

5.      Keputusan tentang jumlah produk
Konsumen dapat mengambil keputusan tentang seberapa banyak produk yang akan dibelinya pada suatu saat. Pembelian yang dilakukan mungkin lebih dari satu unit. Dalam hal ini perusahaan harus mempersiapkan banyak produk sesuai dengan keinginan yang berbeda-beda dari para pembeli.

6.      Keputusan tentang waktu pembelian
Konsumen dapat mengambil keputusan tentang kapan ia harus melakukan pembelian. Masalah ini akan menyangkut tersedianya uang untuk membeli motor. Oleh karena itu perusahaan harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam penentuan waktu pembelian. Dengan demikian perusahaan dapat mengatur waktu produksi dan kegiatan pemasarannya.

7.      Keputusan tentang cara pembayaran
Konsumen harus mengambil keputusan tentang metode atau cara pembayaran produk yang dibeli, apakah secara tunai atau dengan cicilan. Keputusan tersebut akan mempengaruhi keputusan tentang penjual dan jumlah pembeliannya. Dalam hal ini perusahaan harus mengetahui keinginan pembeli terhadap cara pembayarannya.

Tahap selanjutnya yaitu tahap-tahap dalam proses pembelian. Seperti yang sudah saya sebutkandi atas, bahwa pada tahap ini ada beberapa tahap yang harus di jalani konsumen sebelum melakukan pembelian. Tahap-tahap itu yaitu:
1. Menganalisa Keinginan dan Kebutuhan
Penganalisaan keinginan dan kebutuhan ini ditujukan terutama untuk mengetahui adanya        keinginan dan kebutuhan yang belum terpenuhi atau terpuaskan.

2. Menilai Sumber-sumber
Tahap kedua dalam proses pembelian ini sangat berkaitan dengan lamanya waktu dan jumlah uang yang tersedia untuk membeli.

3.  Menetapkan Tujuan Pembelian
Tahap ketika konsumen memutuskan untuk tujuan apa pembelian dilakukan, yang bergantung pada jenis produk dan kebutuhannya.
4. Mengidentifikasikan Alternatif Pembelian
Tahap ketika konsumen mulai mengidentifikasikan berbagai alternatif pembelian.
5. Keputusan Membeli
Tahap ketika konsumen mengambil keputusan apakah membeli atau tidak. Jika dianggap bahwa keputusan yang diambil adalah membeli, maka pembeli akan menjumpai serangkaian keputusan menyangkut jenis produk, bentuk produk, merk, penjual, kuantitas, waktu pembelian dan cara pembayarannya.
6. Perilaku Sesudah Pembelian
Tahap terakhir yaitu ketika konsumen sudah melakukan pembelian terhadap produk tertentu.

Agar lebih mudah di pahami dari maksud keterangan di atas, saya akan membuat contoh pemisalannya.

“seorang konsumen yang bernama Danny yang berusia 27 tahun dan bekerja di sebuah perusahaan swasta di daerah Bogor membutuhkan sebuah sepeda motor untuk membantunya. Sepeda motor itu sangat diperlukannya untuk membantu mempercepat waktu untuk sampai ke kantornya. Meski ada alat transpotasi lain yang dapat ia gunakan untuk sampai ke kentornya, seperti kereta api dan mobil miniarta, tapi Danny lebih memilih untuk menggunakan motor saja. Dari faktor inilah akhirnya menimbulkan keinginan untuk membeli motor. Sebelum membeli motor tersebut, Danny mencari informasi terlebih dahulu seperti apa motor yang akan ia beli. Danny mempertimbangkan beberapa faktor, diantaranya yaitu faktor kenyamanan, keamanan, kekuatan motor tersebut karna harus di gunakan untuk jarak yang cuku jauh, dan keiritannya. Dari berbagai macam jenis motor yang ada di pasaran, bentuk, warna, dll, akhinya Danny menjatuhkan pilihannya kepada motor TIGER yang di produksi leh PT.HONDA. setelah menetapkan pilihannya, Danny pun mendatangi dealer Honda, dan Danny melakukan pembayaran motor tersebut dengan sistem kredit(menyicil sampai lunas) dengan uang muka tiga juta rupiah. Setelah Danny memiliki motor tersebut, Danny pun merasa senang. Karna motor tersebut sangat berguna ntuk membantunya sampai ke kantornya lebih cepat”.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 169 other followers

%d bloggers like this: